-->

MENU

Pengobatan Alami Untuk Penyakit Bisul

Pengobatan Alami Untuk Penyakit Bisul
Pengobatan Alami Untuk Penyakit Bisul

Bagi siapapun yang pernah terserang penyakit bisul, tentu akan merasa sangat tersiksa dan terganggu dalam menjalankan berbagai aktivitas. Selain sakit, bisul juga akan mengeluarkan nanah serta darah kotor.

Penyebab penyakit bisul adalah adanya kuman dan bakteri yang tumbuh di bawah kulit sehingga dapat menyebabkan peradangan hingga infeksi jika tidak dilakukan penanganan. Oleh sebab itu, Anda harus segera melakukan pengobatan yang cepat dan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi.

Adapun pengobatan alami saat ini menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan karena khasiatnya yang sudah tidak diragukan lagi dan tentunya dari sisi harga juga lebih murah.

1. Daun Cabe

Daun cabe merupakan salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk penyakit bisul. Cara pembuatan ramuannya yaitu dengan menumbuk beberapa daun cabe dan menambahkan sedikit minyak kelapa.

Kemudian, Anda dapat langsung mengoleskannya pada bagian tubuh yang mengalami bisul. Ganti ramuan tersebut dengan yang baru setelah mengering.

2. Kentang

Selain sebagai sayuran yang sehat, kentang juga terbukti menjadi salah satu pengobatan alami bisul yang berkhasiat. Adapun cara penyajiannya adalah dengan memarut kentang terlebih dahulu, lalu dibalurkan di area tubuh yang terserang bisul. Ganti ramuan tersebut dengan yang baru saat sudah mengering.

3. Bawang Merah

Salah satu bumbu dapur ini memang sudah populer dengan berbagai khasiatnya untuk kesehatan. Adapun manfaatnya yang tak kalah penting adalah sebagai pengobatan alami penyakit bisul.

Anda hanya perlu membuat ramuan dari bawang merah dengan cara memarutnya terlebih dahulu lalu ditempekan pada bagian tubuh yang terserang bisul. Cara mengobati bisul dengan bawang merah ini bertujuan untuk membuat luka cepat kering serta menghindari infeksi.

4. Daun Sirih

Obat tradisional ini sangat sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan di area kewanitaan, salah satunya yaitu keputihan. Selain itu, daun sirih saat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami bisul yang sangat ampuh.

Caranya, tumbuk daun sirih sebanyak 7 lembar, lalu balurkan di lokasi yang terserang bisul.

5. Mentimun

Parutan buah mentimun juga termasuk dalam pengobatan alami yang terbukti khasiatnya untuk penyakit bisul. 

Anda dapat membuatnya dengan cara memarut mentimun dan juga buah pala, lalu campurkan kedua bahan tersebut dan bungkus dalam daun pisang. Kemudian letakkan di atas bagian tubuh yang mengalami bisul dan rekatkan dengan kassa.

6. Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga terbukti berkhasiat sebagai pengobatan alami sakit bisul. Sebab, salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan antibiotik yang mampu membunuh bakteri serta mencegah terjadinya infeksi berlanjut.

Caranya, tumbuk beberapa biji bawang putih hingga halus dan balurkan di atas luka bisul secara merata.

7. Temu Lawak

Pengobatan tardisional yang sudah ada sejak zaman dahulu ni terbukti memiliki khasiat yang baik untuk menyembuhkan bisul secara alami. Anda dapat membuatnya dengan cara mengiris tipis temulawak sebesar telunjuk dan merebusnya dalam 2 gelas air.

Jangan lupa menambahkan gula aren dalam ramuan tersebut. Angkat dari api setelah mendidih dan tambahkan sedikit asam jawa. Minum pengobatan alami untuk bisul ini selagi hangat.

8. Sayur Kangkung

Siapkan 10 lembar daun kangkung dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit garam pada ramuan tersebut dan oleskan pada bagian tubuh yang terserang bisul. Tutup dengan perban dan ganti ramuannya sebanyak 2 kali dalam sehari.

9. Daun Ubi Jalar

Merupakan sebuah informasi kesehatan baru bahwa daun ubi jalar memiliki kandungan alami yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi. Sehingga tanaman yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami penyakit bisul.

Adapun cara pembuatannya adalah membakar beberapa helai daun ubi jalar hingga sedikit layu dan tunggu hingga hangat. Tempelkan ramuan tersebut di atas bisul dan rekatkan dengan perban.

Itulah beberapa pengobatan alami untuk penyakit bisul yang sangat berkhasiat. Selamat mencoba.