-->

MENU

Mengenal Jenis Penyakit Anemia Serta Cara Mencegah Dan Mengobatinya Dengan Bahan Alami

Mengenal Jenis Penyakit Anemia Serta Cara Mencegah Dan Mengobatinya Dengan Bahan Alami
Pada artikel ini, kami akan berbagi info lengkap mengenai beberapa bahan alami yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit anemia tanpa pengobatan medis. Oke langsung saja yuk simak ulasan selengkapnya.

Cara Mengobati Penyakit Anemia


Sebelum membahas tentang berbagai cara alami atasi anemia, ada baiknya Anda mengenal penyakit anemia berdasarkan jenis-jenisnya penyakit berikut ini :

1. Anemia Defisiensi Besi

Merupakan kondisi dimana sel darah merah dalam tubuh di bawah batas normal akibat kekurangan zat besi.

2. Anemia Aplastik

Kondisi dimana tubuh tidak mampu memproduksi sel darah merah kembali sehingga menyebabkan anemia.

3. Anemia Pernicious

Penyakit kekurangan sel darah merah yang disebabkan oleh usus dimana tidak mampu memproduksi vitamin B12 yang menjadi zat utama untuk memproduksi sel darah merah.

4. Sickle Cell Anemia

Keadaan dimana sel darah merah berbentuk seperti bulan sabit dan mengalami perpecahan dengan waktu yang lebih cepat. Sering terjadi di Arab, Afrika, dan Mediterania.

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia secara Alami

1. Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau dengan waktu yang rutin akan membantu meningkatkan zat besi dalam tubuh sehingga memperbaiki kadar sel dalam merah yang terlalu rendah.

Sayuran hijau yang baik untuk mengobati penyakit anemia secara alami adalah   kembang kol, kangkung, selederi, dan bayam. 

2. Daging Sapi

Merupakan salah satu jenis makanan yang mudah ditemukan dan banyak mengandung zat besi. Sangat dianjurkan digunakan sebagai salah satu cara pengobatan alami untuk anemia. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai macam menu masakan sesuai dengan selera. 

3. Umbi-umbian

Cara mengatasi anemia dengan bahan alami berikutnya yaitu menggunakan umbi-umbian. Jenis umbi-umbian yang paling baik untuk mengatasi anemia secara alami adalah ubi jalar.

Kandungan seratnya yang sangat tinggi serta kalium dan asam folat yang dimiliki oleh ubi jalar, sangatlah baik bagi penderita anemia dan seringkali digunakan untuk menyembuhkan anemia tanpa obat.

Cara mengkonsumsi ubi bakar dapat Anda sesuaikan dengan selera, seperti direbus, digoreng, ataupun diolah dalam bentuk kolak dan sebagai campuran jus.

4. Daun Kacang Panjang

Merupakan salah satu jenis sayuran yang juga tak kalah memiliki peranan penting dalam mencegah penyakit anemia serta mengobati secara alami. Anda dapat mengonsumsi daun kacang panjang secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik dari khasiatnya sebagai pengobatan anemia secara alami.

Misalnya dengan memakannya langsung sebanyak 2 kali dalam sehari. Siapkan 1 genggap daun kacang panjang dan cuci hingga bersih. Lalu, tiriskan daun kacang panjang yang telah dicuci tersebut dan makan bersama nasi sebagai lalapan.

5. Hati Ayam

Pengobatan alami untuk anemia berikutnya adalah menggunakan hati ayam karena kandungan zat besi yang cukup banyak. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi hati ayam sebanyak 2 kali dalam sehari.
Anda dapat merebus hati ayam lalu dimakan bersama nasi. Atau dapat juga merebus hati ayam tersebut dan ditambah dengan angco sebanyak 10 butir.

6. Bawang Merah

Konsumsi bawang merah secara rutin yaitu sebanyak 2 kali dalam sehari terbukti memberikan khasiat yang baik untuk mencegah dan mengobati anemia secara alami. Untuk menggunakan pengobatan anemia dengan bahan alami ini, Anda perlu menambahkan dengan telur ayam kampung.

Cara pembuatannya sangat mudah. Siapkan bawang merah sebanyak 60 gram. Lalu, masukkan bawang merah yang telah dicincang atau dipotong dengan ukuran kecil ke dalam panci yang telah berisi air bersih. Rebus hingga mendidih dan tambahkan dengan telur ayam kampung sebanyak 1 butir.

Kemudian Anda dapat langsung memakan obat alami untuk penyakit anemia tersebut.
7. Kacang Almond

Adalah salah satu bahan alami untuk mengatasi anemia yang juga kaya akan zat besi. Tanaman ini sangat mudah Anda temukan di pasar-pasar tradisional maupun modern. 

8. Madu

Siapakah yang tidak mengetahui khasiat madu untuk berbagai masalah kesehatan dalam tubuh manusia. Salah satu khasiat yang dimilikinya adalah untuk mengobati anemia secara alami.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan madu murni yang tidak mengandung tambahan gula di dalamnya. Konsumsi madu dapat dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari dengan cara diminum langsung sebanyak 1 sendok makan atau dicampur dengan 1 gelas air hangat.

9. Buah Apel

Buah-buahan yang berperan penting untuk mengatasi anemia tanpa pengobatan medis adalah apel. Mineral, vitamin, serta zat besi yang banyak terkandung dalam buah apel sangat baik untuk menyembuhkan penyakit anemia secara alami, karena kinerjanya yang mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Konsumsilah buah apel secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari, di sela-sela jadwal makan Anda.

10. Kacang Hijau

Tumbuh-tumbuhan berikutnya yang juga dapat digunakan sebagai cara pengobatan alami anemia yaitu kacang hijau. Kandungan niacin, vitamin B1 dan B12 dalam kacang hijau sangat baik bagi penderita anemia. 

Siapkan kacang hijau sebanyak 1 cangkir, dan rebus dalam 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air hanya bersisa ¾ bagian gelas. Konsumsi selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil terbaik dari cara pengobatan anemia dengan bahan alami ini.

11. Sereal Gandum

Kandungan zat besi dalam sereal gandum mampu mencegah penyakit anemia berat secara alami. Bagi yang sudah mengalami penyakit tersebut, maka gandum juga dapat digunakan sebagai pengobatan ampuh anemia, tentunya dengan konsumsi secara rutin.

Salah satu daftar diet untuk penderita anemia ini dapat Anda konsumsi setiap pagi hari dengan porsi 1 mangkok sedang atau sesuai petunjuk konsumsi yang tercantum dalam kemasan.

12. Sayur Bayam Duri

Tanaman yang satu ini banyak Anda temukan di sekitar pekarangan rumah, terutama di daerah pedesaan. Selain mengandung banyak zat besi, bayam duri juga memiliki kandungan vitamin C, A, K, garam, serta fosfat.

Pertam-tama, Anda dapat menyiapkan 1 genggam daun bayam duri, lalu haluskan hingga menjadi serpihan kecil. Tambahkan dengan setengah gelas kecil air bersih dan peras hingga hanya tersisa airnya. Pisahkan ampas daun bayam duri dengan air perasan tersebut.
Selanjutnya Anda dapat menambahkan madu sebanyak 1 sendok makan dan ayam kampung 1 butir. Aduk hingga rata ke dalam air perasan daun bayam duri lalu minum sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat terbaik dari pengobatan anemia dengan tumbuhan alami.

13. Kurma

Merupakan buah yang sudah terbukti khasiatnya dan disampaikan dalam syariat agama Islam. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mencampurkan buah kurma dengan satu gelas susu dan direbus. Konsumsi selagi hangat sebagai pengobatan alami penyakit anemia.

14. Buah Jeruk

Selain apel, buah-buahan yang juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit anemia tanpa obat medis adalah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk akan mempermudah proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

15. Gula Merah

Merupakan cara mengatasi anemia secara alami yang juga dapat digunakan, karena kinerjanya yang sangat baik untuk menambah kadar hemoglobin serta melancarkan peredaran darah dalam tubuh.