-->

MENU

Inilah Jenis Dan Penyebab Penyakit Ambeien Serta Bahan Alami Untuk Mengobatinya

Inilah Jenis Dan Penyebab Penyakit Ambeien Serta Bahan Alami Untuk Mengobatinya
Penyakit Ambeien merupakan penyakit yang terjadi di sekitar anus, dimana penyakit tersebut ditandai dengan munculnya benjolan. Selain itu, penderita akan mengalami perdarahan dari anus ketika buang air besar yang disertai dengan rasa nyeri yang sangat.

Jenis Dan Penyebab Penyakit Ambeien


Secara umum, ambeien dibagi menjadi dua jenis berdasarkan lokasi terjadinya, yaitu sebagai berikut :

• Ambeien Eksternal

Merupakan salah satu jenis penyakit ambeien yang menyerang daerah anus bagian luar dengan munculnya benjolan yang terasa sakit, gatal, dan perih. Ketika ambeien eksternal mengalami gesekan dengan feses yang keras, maka akan timbul benjolan berwarna kebiruan.

• Ambeien Internal

Jenis ambeien berikutnya terjadi di daerah rektum sehingga benjolan tidak dapat diraba dari bagian luar anus. Pada stadium awal, ambeien internal tidak akan menimbulkan rasa nyeri karena sedikitnya otot pada daerah tersebut.

Tetapi, pada kasus yang lebih berat, ambeien internal akan semakin membesar hingga benjolan keluar dari anus. Kondisi inilah yang membuat penderita merasa kesakitan dan benjolan akan tampak berwarna merah muda.

Selain itu, pada kasus yang ringan, ambeien internal masih dapat kembali ke dalam anus, baik dengan bantuan tangan maupun tidak. Sedangkan pada staidum berat, ambeien internal sudah tidak dapat lagi kembali masuk ke dalam anus walaupun dibantu dengan dorongan.

Adapun jenis-jenis penyakit ambeien internal sendiri dibagi menjadi beberapa stadium berdasarkan tanda gejalanya, yaitu sebagai berikut :

• Stadium I

Pada tingkatan paling ringan ini, sebagian besar penderita tidak akan mengalami perdarahan karena masih belum muncul tanda gejala yang signifikan. Penderita ambeien stadium I hanya akan mengalami sembelit atau susah buang air besar.

• Stadium II

Merupakan tingkatan dengan tanda gejala adanya benjolan di anus ketika sedang buang air besar. Benjolan teraba tidak terlalu keras dan usai BAB akan mengecil serta masuk ke dalam anus dengan sendirinya.

• Stadium III

Pada kondisi ini, benjolan akibat ambeien akan keluar saat buang air besar dan benjolan tersebut tidak akan masuk kembali kecuali dilakukan dorongan menggunakan jari tangan. Benjolan pada sadium III memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan stadium pendahulunya.

• Stadium IV

Adalah stadium paling berat dari penyakit ambeien dengan benjolan berbentuk bulat yang tidak dapat masuk kembali ke dalam anus walaupun dilakukan bantuan dengan dorongan tangan.

Pada tingkatan paling berat dari penyakit ambeien ini, benjolan juga dapat disertai dengan adanya pembekuan darah yang akan menutupi anus. Penderita akan merasa sangat tidak nyaman ketika sedang duduk, berjalan, maupun saat buang air besar.

Penyebab Penyakit Ambeien

Sebelum kami memberikan info penting tentang cara mengobati penyakit ambeien, akan lebih baik jika Anda mengenal penyakit tersebut terlebih dahulu dengan melihat faktor-faktor yang menjadi penyebabnya.
  • Terlalu sering duduk
  • Seorang yang sering mengalami sembelit atau susah buang air besar dalam jangka waktu lama
  • Kehamilan
  • Melakukan hubungan sek**al yang tidak wajar
  • Diare kronis atau menahun
  • Memiliki keturunan penyakit wasir
  • Adanya penyakit yang membuat penderita menjadi sering mengejan ketika buang air besar
  • Adanya penekanan pada pembuluh darah vena di sekitar anus akibat terlalu sering kontak dengan feses yang keras
Pengobatan Alami Penyakit Ambeien

• Lidah Buaya

Merupakan salah satu cara mengatasi ambeien pertama yang dapat dilakukan dengan cara mengoleskan lendirnya pada lokasi ambeien. Selain itu, cara pengobatan penyakit ambeien dengan lidah buaya juga dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus yang dicampurkan dengan sedikit madu.

• Akar Jeruk Nipis

Mengobati ambeien dengan bahan alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan akar tanaman jeruk nipis yang diolah dengan cara merebus ke dalam air sebanyak 1 liter. Tunggu hingga mendidih dan air rebusan tersebut dapat Anda minum selagi hangat sebanyak 3 kali setiap harinya. 

• Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur ini juga memiliki peranan yang baik sebagai salah satu solusi pengobatan ambeien secara alami. Mengatasi penyakit ambeien dengan bahan alami tersebut dapat dilakukan dengan menghaluskan bawang putih yang telah dicuci bersih, lalu dioleskan di area benjolan ambeien.

• Sosor Bebek

Menghilangkan penyakit ambeien secara alami berikutnya dapat dilakukan dengan cara mengolah daun sosor bebek menjadi bentuk bubuk, dengan cara mengeringkannya sebanyak 50 lembar, yang telah dicuci bersih. Kemudian, daun yang telah kering tersebut ditumbuk sampai halus.

Hasil tumbukan daun sosor bebek tersebut dapat dikonsumsi sebanyak 1 sendok makan dengan dilarutkan ke dalam air panas sebanyak ¾ gelas. Minum selagi hangat sebanyak 3 kali dalam sehari. Agar lebih enak dikonsumsi, Anda dapat menambahkan sedikit madu ke dalam ramuan herbal penyakit ambeien tersebut.

• Lempuyang Wangi

Merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi ambeien tanpa operasi dan juga memiliki beberapa khasiat untuk permasalahan kesehatan lainnya, seperti obat sakit maag dan cacingan pada anak-anak.

Cara mengobati ambeien dengan tumbuhan alami yang satu ini dapat dilakukan dengan cara memarut lempuyang dengan ukuran ¾ jari. Tambahkan dengan air untuk memeras sari-sarinya. Konsumsi pengobatan herbal alami untuk ambeien tersebut sebanyak 2 kali 1 sendok makan setiap harinya.

• Daun Jambu Biji

Tumbuhan yang satu ini memang memiliki khasiat yang baik untuk mengobati penyakit ambeien secara alami, karena dapat membuat frekuensi buang air besar lebih lancar. Sehingga selain pengobatan, daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit ambeien.

Anda dapat menumbuk daun jambu biji bagian pucuk secukupnya dan dicampurkan dengan pisang batu. Hasil tumbukan kedua bahan tersebut silahkan diperas dengan. Hasil perasan itulah yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ambeien secara alami dan cepat.

• Tanaman Adas

Cara mengobati ambeien dengan bahan alami selanjutnya yaitu menggunakan tanaman adas, yang banyak tumbuh di daerah dataran tinggi. Untuk mengolah obat alami untuk penyakit ambeien tersebut, Anda dapat mencampurnya dengan pulasari sepanjang 10 cm dan daun jambu klutuk sebanyak 5 lembar.

Masukkan semua bahan tersebut ke dalam 2 gelas air bersih dan rebus hingga mendidih. Selanjutnya tunggu air rebusan tersebut hingga bersisa 1 gelas saja. Minum selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

• Daun Sirsak

Pengobatan yang saat ini sedang mendapat banyak perhatian dan banyak dimanfaatkan adalah daun sirsak karena khasiatnya yang baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Salah satunya adalah untuk mengatasi ambeien secara alami dengan cara merebusnya dan meminum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali setiap harinya.

• Kulit Manggis

Baru-baru ini penelitan berhasil membuktikan khasiat dari kulit manggis yang sangat beragam ,terutama untuk mencegah dan mengobati penyakit ambeien secara alami.

Anda dapat mengeringkan kulit manggis terlebih dahulu, kemudian merebusnya hingga mendidih. Air rebusan itulah yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat alami sakit ambeien.

Itulah jenis dan penyebab penyakit ambeien yang dapat kami sampaikan, beserta bahan alami untuk mengobatinya. Semoga dapat menjadi referensi yang penuh manfaat bagi Anda.